Home Pegadaian Bisakah Gadai Emas Tanpa Surat 2018 di Pegadaian

Bisakah Gadai Emas Tanpa Surat 2018 di Pegadaian

5 min read
0
1
Bisakah Gadai Emas Tanpa Surat di Pegadaian

Bisakah Gadai Emas Tanpa Surat di Pegadaian – Menggadaikan barang berharga sudah menjadi hal yang lumrah untuk masyarakat Indonesia. Mereka menggadaikan barang dengan berbagai alasan seperti untuk tambahan modal usaha, mencukupi kebutuhan hidup dan lain sebagainya.

Barang yang sering digadaikan adalah emas atau kendaraan bermotor. Mungkin sebagian orang akan bertanya-tanya, bisakah gadai emas tanpa surat di pegadaian? Emas merupakan salah satu asset yang bisa diinvestasikan dan memang paling banyak dipilih orang untuk berinvestasi.

Advertisements

Pasalnya harga emas selalu stabil dan bahkan jarang mengalami penurunan harga yang signifikan. Harga emas sendiri kebanyakan akan mengalami kenaikan sehingga hal semacam ini banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berinvestasi.Baca Apakah Gadai BPKB Motor Tanpa Survey?

Masyarakat lebih memilih investasi emas dari pada deposito karena emas tidak akan kadaluarsa. Tetapi ketika kebutuhan mendesak yang mengharuskan Anda mengeluarkan banyak dana, mungkin pegadaian bisa menjadi solusi terbaik.

Bisakah Gadai Emas Tanpa Surat di Pegadaian

Ketika banyak orang yang akan menjual emas karena harga sedang naik, Anda pun tak perlu terburu-buru untuk mendapatkan keuntungan dengan menjualnya. Anda datangi saja kantor pegadaian dan gadaikan saja emas yang Anda miliki.Baca Tabel Angsuran Pegadaian BPKB Terbaru

Dengan menggadaikan emas saat harga sedang naik tentunya akan bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah modal.

Tetapi terkadang ada satu hal yang sering dialami oleh banyak orang, yaitu surat kelengkapan emas yang menjadi sumber masalah. Lalu bisakah gadai emas tanpa surat di pegadaian?

Advertisements

Jawabannya pun beragam, mulai tergantung pada kantor pegadaian yang dituju dan ada juga yang tidak bisa menggadaikan emas di tempat tersebut karena tak ada suratnya.

Berbagai sumber mengatakan jika menggadaikan emas tanpa surat di kantor pegadaian, maka nilai atau harganya bisa saja berkurang meskipun harga emas sedang naik.Baca Cara Gadai BPKB Motor di Bank Mandiri

Hal tersebut dipengaruhi karena tidak adanya bukti tertulis yang berisikan tentang keterangan fisik emas. Misalnya cincin emas, dengan adanya surat maka proses pencairan dana akan lebih mudah.

Mengapa? Karena sudah jelas berapa gram emas yang terkandung dalam cincin tersebut. Kemudian setelah mengetahui jumlah gramnya maka akan lebih mudah untuk menentukan nilainya. Dengan begitu proses pencairan dana akan lebih mudah dan cepat.

Berbeda dengan emas tanpa surat, prosesnya bisa lama karena harus melakukan tes fisik secara tepat serta akurat. Tetapi terkadang kantor pegadaian ada juga yang tidak menerima gadai emas tanpa surat lengkap.

Bila sudah seperti itu tentunya akan sulit mendapatkan pinjaman dana. Untuk itu sebagai jalan alternatif Anda bisa menggadaikannya ke tempat pegadaian tidak resmi seperti milik perorangan.Baca Beberapa Cara Menggadai BPKB Motor Di Bank Syariah

Namun, hal semacam ini biasanya akan sangat merugikan karena Anda pasti  disuruh membayar bunga tinggi. Yang paling aman adalah menggadaikan emas di tempat pegadaian resmi.

Ketika banyak masyarakat yang bertanya tentang bisakah gadai emas tanpa surat di pegadaian tentu jawabannya adalah tergantung pada kebijakan dari kantor pegadaian itu sendiri.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan