Home Pegadaian Hukum Tabungan Emas Pegadaian 2018

Hukum Tabungan Emas Pegadaian 2018

5 min read
0
0
Hukum Tabungan Emas Pegadaian

Hukum Tabungan Emas Pegadaian – Islam itu indah. Hal tersebut terbukti bahwa setiap hal sudah diatur dalam islam. Termasuk hukum-hukum mengenai emas, jual beli, haram, halal, dan riba. Semua diatur dengan adil dan sebenar-benarnya.

Menabung merupakan hal yang baik. Dengan adanya menabung bisa bermanfaat bagi jangka panjang ke depan. Menabung bisa berupa uang, properti, bahkan ada pula menabung emas.

Advertisements

Salah satu perusahaan yang mengadakan tabungan emas adalah pegadaian. Pegadaian merupakan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) bagian sektor keuangan. Tabungan emas berbeda dengan tabungan uang pada umumnya.

Jika kita menabung uang, tak terelakkan akan mengalami inflasi dikarenakan mata uang bisa mengalami kenaikan atau bahkan penurunan mata uang. Namun, pada tabungan emas mempunyai nilai jual yang sangat tinggi.Baca Tabungan Emas Pegadaian Rugi Apa Malah Untung

Islam juga telah mengatur mengenai hukum tabungan emas pegadaian. Ada baiknya sebelum melangkah untuk mengambil suatu keputusan, Anda mempelajari tentang hal yang ingin Anda pilih.

Hukum Tabungan Emas Pegadaian

Nah apakah tabungan emas di pegadaian di perbolehkan? Apakah hal tersebut termasuk halal atau haram? Adakah riba di dalamnya? Tentu pertanyaan-pertanyaan tersebut terlintas dibenak kita.Baca Cara Menabung Emas Di Pegadaian Panduan Pemula

Saya akan memberikan suatu contoh simulasi jika kita menabung emas di pegadaian. Misalnya Anda akan menabung emas mulia seberat 5 gram sebanyak 1 keping dengan jangka waktu pembayaran adalah 36 bulan ( 3 tahun).

Advertisements

Untuk 5 gram tiap emasnya seharga Rp. 2.814.000,-. Dengan simulasi tersebut, dibutuhkan uang muka sebesar 20% yaitu sebesar Rp. 281.400,- ditambah dengan biaya yang lainnya termasuk administrasi.

Setelah dihitung-hitung menggunakan alat simulasi, tertera bahwa pihak pegadaian akan menyerahkan emas kepada Anda setelah lunas. Diasumsikan bahwa Anda akan menabung emas seberat 5 gram dengan uang muka Rp. 281.400.Baca Keuntungan Tabungan Emas Pegadaian Wajib Anda Baca

Ketika Anda sudah membayar uang muka tersebut kepada pegadaian, pihak pegadaian tidak langsung menyerahkan emas yang telah Anda bayarkan.

Pihak pegadaian hanya menerbitkan suatu surat yang menyatakan bahwa emas tersebut merupakan kepemilikan Anda. Itu artinya bahwa Anda menitipkan emas pada pihak pegadaian.

Nah bagaimana dengan hal tersebut jika Anda sudah mengeluarkan uang muka untuk membeli emas namun Anda belum melihat barang berbentuk emas. Bahkan Anda belum tahu pasti apakah emas tersebut sudah ada di pegadaian atau belum. Hal tersebut masih bersifat fiktif.

Terjadinya jual beli emas merupakan transaksi yang berkenan langsung mengenai emas dan uang. Emas dan uang dalam transaksi ini haruslah berada dalam pada tempat saat transaksi.Baca Emas Pegadaian VS Emas Antam Mahal Mana?

Jika kita melihat contoh transaksi diatas yang mana Anda sebagai nasabah telah membayar uang muka namun emas tidak jelas keberadaannya hal tersebut dikatakan riba nasiah.

Karena hal tersebut masih berupa fiktif. Anda bisa mengkonsultasikan pada orang-orang yang Anda percayai dengan mempunyai suatu paham akan sistem jual beli dan riba.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *