Home Perbankan Jenis-Jenis Bunga Kredit Bank Dan Cara Perhitungannya 2018

Jenis-Jenis Bunga Kredit Bank Dan Cara Perhitungannya 2018

4 min read
0
0
Jenis-Jenis Bunga Kredit Bank Dan Cara Perhitungannya

Seseorang yang berencana mengambil kredit di bank haruslah tahu mengenai bunga kredit bank itu ada berapa jenisnya dan bagaimana karakteristik dari bunga tersebut.

Tidak bisa dipungkiri bahwa yang namanya bunga merupakan faktor yang paling utama dan selalu menjadi perhatian utama bagi seseorang yang ingin mengajukan kredit di bank.

Advertisements

Dalam merencanakan pengajuan kredit di bank harus ada langkah perhitungan dan langkah pertimbangan, dan bunga bank masuk menjadi salah satu bahan pertimbangan yang harus dipikirkan ketika akan mengambil keputusan untuk mengajukan kredit di bank.

Karena bunga bank ini akan menentukan berapa jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya, jadi bisa menjadi bahan pertimbangan mengenai kemampuan dalam membayar cicilan.

Karakteristik Bunga Kredit Bank

Sekarang ini ada banyak sekali orang yang membutuhkan dana segar untuk memenuhi kebutuhannya, karena memang kebutuhan manusia saat ini semakin kompleks.

Terhitung ada beberapa kebutuhan mendesak yang mungkin harus segera dipenuhi seperti misalnya kebutuhan renovasi rumah, biaya pendidikan, biaya pengobatan, biaya pernikahan, dan lain sebagainya.

Kesemua kebutuhan tersebut merupakan kebutuhan yang cukup mendesak akan tetapi tidak mungkin bisa dipenuhi dengan segera tanpa adanya bantuan dana segar, oleh karena itulah sering kali orang lebih memilih untuk mengajukan kredit di bank untuk memenuhi kebutuhannya tersebut.

Advertisements

Dan kami sarankan sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit pada suatu bank lakukanlah dulu perbandingan antar bank, karena masing-masing bank menerapkan aturan yang berbeda seperti bunga dan lainnya. Baca Pengajuan Kartu Kredit Termudah

Untuk bank sendiri memiliki beberapa aturan yang ditetapkannya dalam sebuah program kredit, oleh karena itu orang perlu mempelajarinya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit tersebut.

Bunga kredit bank merupakan sebuah kebijakan yang bisa sangat berbeda antara bank yang satu dengan bank yang lainnya. Sebenarnya mungkin besarannya bisa saja sama tapi bisa saja perhitungannya berbeda.

Yang kami ketahui di Indonesia itu mengenal 2 jenis bunga yaitu bunga flat dan juga bunga anuitas. Kedua jenis bunga ini sebenarnya hanya berbeda pada penghitungannya akan tetapi akan menghasilkan perhitungan yang berbeda dan jumlah cicilan yang berbeda. Mengenai besaran bunganya bisa saja berbeda bisa saja sama.

Untuk penghitungan bunga flat biasanya akan menghasilkan cicilan yang sama terus setiap bulannya sampai kepada masa akhir cicilan atau kredit.

Karena bunganya dihitung pertahun dulu baru dibagi untuk setiap bulannya. Untuk bunga anuitas itu bunganya bisa berbeda setiap bulan dan semakin berjalan akan semakin menurun, karena sistemnya dihitung per bulan dan pokok pinjaman sudah dihitung berkurang. Baca Kredit Motor di Pegadaian Syariah

Jadi meskipun persentase bunga sama akan tetapi nominal akan semakin turun karena pokok pinjaman berkurang. Demikian beberapa jenis bunga kredit bank di Indonesia.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan