Home Perbankan Apa Bedanya ATM Prima dengan ATM Bersama Lengkap

Apa Bedanya ATM Prima dengan ATM Bersama Lengkap

6 min read
0
0
Apa Bedanya ATM Prima dengan ATM Bersama Lengkap

ATM (Anjungan Tunai Mandiri) adalah mesin yang melayani nasabah bank untuk mengambil uang, mengecek saldo, transfer, dan melakukan transaksi lainnya tanpa dilayani oleh teller atau tenaga manusia. Mesin ATM kini menjadi kebutuhan penting.

Tiap bank memiliki mesin ATM-nya sendiri-sendiri. Masalah muncul ketika ATM sebuah bank terlalu jauh untuk dijangkau. Andai saja sebuah mesin ATM bisa digunakan oleh nasabah dari berbagai bank.

Advertisements

Karenanya, ada yang namanya jaringan ATM. Jaringan ATM ini contohnya adalah ATM Prima dan ATM Bersama. ATM Prima dan ATM Bersama sederhananya adalah mesin ATM yang dapat digunakan oleh berbagai nasabah bank yang berbeda-beda. Asalkan, bank tersebut sudah terdaftar di ATM Prima atau ATM Bersama.

Apa yang membedakan ATM Prima dan ATM Bersama?

  1. Luas jaringan

Hal pertama yang membedakan keduanya adalah jumlah bank yang bergabung di ATM itu. ATM Prima memiliki anggota sebanyak 78 bank. Sedangkan, ATM Bersama memiliki anggota sebanyak 82 bank yang ada di Indonesia.

Dari fakta tersebut, disimpulkan bahwa ATM Bersama memiliki jaringan yang lebih luas. Lebih banyak bank yang dapat menggunakan ATM Bersama dibandingkan ATM Prima. Baca Melihat TABEL Bunga KTA Bank BRI Per Bulannya UPDATE

Untuk mengetahui apakah bank tempat Anda terdaftar sudah tergabung di ATM Prima dan ATM Bersama, caranya sangat mudah. Cek saja bagian belakang kartu ATM Anda. Disitu biasanya akan tercetak logo dan nama beberapa jaringan ATM (ATM Prima, ATM Bersama, Link, dll).

  1. Biaya

Biaya transaksi lewat jaringan ATM interbank biasanya lebih mahal dibanding jika melakukan transaksi di ATM yang khusus diperuntukkan untuk sebuah bank. Hal ini wajar saja dengan kemudahan akses yang diberikan.

Perbedaan ATM Prima dan ATM Bersama adalah pada biaya transaksi yang dikenakan. Rata-rata biaya untuk transfer melalui jaringan ATM adalah Rp.7500. Biaya juga dikenakan untuk pengecekan saldo dan tarik tunai. Baca Apa yang Dimaksud dengan Jaminan Kredit?

Itulah perbedaan ATM Prima dan ATM Bersama.

Advertisements

Tentang ATM Prima

ATM Prima adalah jaringan terminal ATM yang merupakan produk dari Jaringan PRIMA. Sudah ada 78 bank yang tergabung dengan ATM Prima. Kelebihan ATM Prima antara lain adalah :

  1. Transaksi di ATM Prima diproses secara langsung, real time
  2. ATM Prima memiliki jaringan ATM yang besar di Indonesia, karena terhubung pada 78 bank
  3. Keamanan sistem jaringan ATM Prima telah terjamin
  4. ATM Prima memiliki fitur “Online settlement”, yang membuat proses settlement antar bank bisa dituntaskan dalam waktu 1 hari kerja
  5. Keberadaan ATM Prima mempermudah jaringan transaksi seperti tarik tunai, cek saldo sampai transfer.
  6. ATM Prima mempunyai lebih dari 110.000.000 kartu ATM dan 120.000 jaringan ATM yang sudah terhubung dengan mobile banking, internet banking dan channel digital lain di Indonesia.

Tentang ATM Bersama

ATM Bersama adalah jaringan terminal ATM yang pertama ada di Indonesia. ATM Bersama didirikan pada tahun 1990. Sejak saat itu, ATM Bersama sudah memiliki 77000 terminal ATM yang tersebar di wilayah Indonesia.

Kelebihan dari ATM Bersama adalah nyaman, aman, dan mudah ditemui dimana-mana. Selain itu, ATM Bersama juga telah terhubung dengan MEPS, sebuah jaringan yang membuat nasabah dapat bertransaksi ketika berada di Malaysia. Baca Apa yang Dimaksud Dengan Kredit Macet

Tips Bertransaksi Aman Menggunakan ATM

  1. Waspadai kondisi sekitar ATM, jangan sampai aktivitas di dalam ruang ATM dilihat oleh orang lain.
  2. Sebelum melakukan transaksi di ATM, siapkan kartu ATM, serta informasi lain seperti nomor rekening tujuan transfer. Hal ini untuk menghindari kesulitan mencari kartu ATM atau nomor rekening tujuan transfer.
  3. Saat memasukkan PIN, tutup tangan yang digunakan untuk memencet tombol. Jangan sampai gerakan tangan itu dapat dibaca oleh orang lain.
  4. Pastikan tidak ada orang yang melihat jumlah saldo atau transaksi yang lainnya.
  5. Setelah melakukan penarikan tunai, segera amankan uang dan jangan menghitung uang di depan mesin ATM.
  6. Saat menggunakan ATM dengan sistem drive-through, kunci pintu mobil dan tutup jendela segera setelah selesai melakukan transaksi.
  7. Batalkan transaksi ketika merasa sedang diikuti, diawasi atau kecurigaan lainnya.
Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan