Home Perbankan Apa yang Dimaksud dengan Jaminan Kredit?

Apa yang Dimaksud dengan Jaminan Kredit?

7 min read
0
0
Apa yang Dimaksud dengan Jaminan Kredit?

Dalam kredit, biasa dikenal istilah jaminan kredit. Jaminan kredit adalah penanggung yang menjamin bahwa penerima kredit akan mengembalikan uang pinjaman kepada pemberi kredit sesuai dengan perjanjian. Masyarakat biasa mengenal jaminan kredit berupa barang. Tetapi, ternyata ada beberapa jenis jaminan kredit. Berikut adalah jaminan kredit berdasarkan objeknya :

  1. Jaminan benda berwujud, yakni benda-benda yang wujudnya nyata atau dapat dipegang serta memiliki nilai ekonomis. Barang yang termasuk jaminan benda berwujud adalah bangunan, tanah, kendaraan bermotor, mesin-mesin, tanaman/kebun/sawah, barang dagangan, dan lainnya.
  2. Jaminan benda tidak berwujud, yakni barang-barang yang bernilai bukan karena wujud barangnya, tetapi karena konstruksi nilai yang diberi manusia kepadanya, seperti setifikat saham, sertifikat tanah, sertifikat obligasi, sertifikat deposito, promes, rekening tabungan yang dibekukan, wesel, dan surat-surat lainnya.
  3. Jaminan orang yakni jaminan yang diberikan oleh seseorang atau badan, dan jika kredit tersebut ternyata macet, maka orang yang memberi jaminan itu yang akan menanggungkan resikonya. Jaminan orang ini biasa dilakukan pada perjanjian seperti borgtocht, garansi dan lain-lain.

Syarat-syarat Jaminan Kredit

Berikut adalah jaminan kredit kebendaan :

Advertisements
  1. Memiliki nilai ekonomis yang diakui
  2. Kepemilikian barang dapat dipindahkan dari satu orang ke orang yang lainnya
  3. Memiliki nilai yuridis, artinya kepemilikannya dapat diikat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku

Sementara itu, berikut adalah syarat bagi jaminan kredit perorangan :

  1. Memiliki hubungan langsung dengan pihak yang ditanggung
  2. Jaminan perorangan hanya bisa dipertahankan terhadap debitur tertentu.
  3. Memiliki kesediaan dan kapasitas untuk menanggung resiko kredit macet

Kenapa Kredit Membutuhkan Jaminan?

Fungsi jaminan bagi bank atau lembaga pemberi kredit adalah sebagai opsi manajemen resiko jika suatu saat debitur tidak mampu melunasi kredit atau mengalami kredit macet. Yang terjadi biasanya adalah bank melelang barang jaminan atau meminta pertanggungjawaban dari jaminan orang untuk menutup kerugian yang ditanggungnya.

Tentu, sebelum memberikan kredit, bank selalu menganalisis kondisi finansial calon debiturnya. Namun, persoalan uang adalah hal yang tak bisa dianggap enteng, sehingga bank menetapkan jaminan untuk menghindari kemungkinan terburuk.

Advertisements

Kelebihan Kredit dengan Jaminan

Fungsi jaminan salah satunya adalah juga untuk meningkatkan kepercayaan bank kepada debitur. Ini bisa dilihat pada peminjam yang menyertakan jaminan, maka akan mendapat kredit dalam nominal yang lebih besar. Sementara biasanya kredit tanpa jaminan yang ditawarkan oleh bank memiliki plafon yang terbatas pula. Baca Pinjaman Uang Syarat KTP dan KK Saja Ajukan di Pinjam.co.id

Kekurangan Kredit dengan Jaminan

Kekurangan dari kredit dengan jaminan adalah sewaktu kredit macet, barang jaminan bisa beralih kepemilikan menjadi hak milik bank. Hal ini tentu membuat debitur merasa rugi. Selain itu, kredit dengan jaminan cenderung membuat debitur merasa tidak tenang, karena ada kemungkinan barang yang dijadikan jaminan itu berpindah tangan.

Kekurangan kredit dengan jaminan yang paling terasa adalah, seringkali syarat jaminan ini menyulitkan orang-orang saat membutuhkan dana kredit. Hal ini karena jaminan yang disyaratkan tidak dimiliki oleh semua kalangan. Karenanya, jaminan kredit idealnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Yang dapat dimiliki secara mudah oleh semua kalangan sehingga orang yang memerlukan kredit dapat mengajukan kredit dengan jaminan yang dimilikinya itu.
  2. Jaminan kredit tidak membuat debitur kesulitan meneruskan usaha ketika barang itu dijadikan jaminan. Contohnya, pada jaminan benda sepeda motor, yang dijadikan jaminan adalah BPKB. Sehingga sepeda motor masih dapat digunakan oleh debitur untuk mendukung pekerjaan atau kegiatan usahanya.
  3. Jaminan kredit memberikan kepastian kepada pemberi kredit atau bank, artinya barang jaminan kredit ini tersedia setiap saat jika perlu dilakukan eksekusi akibat kredit macet. Barang jaminan ini harus mudah dijual atau diuangkan guna melunasi hutang debitur.

Kredit Tanpa Jaminan

Saat ini, ada banyak layanan kredit yang tidak membutuhkan jaminan apapun. Biasanya syarat yang dibutuhkan adalah identitas pribadi, surat keterangan penghasilan dan NPWP. Baca Mencari Pinjaman Uang Online Terpercaya Ajukan di Danapintar.com Saja

Jumlah kredit yang diberikan bisa mencapai ratusan juta, namun kredit yang akhirnya diberikan tentu juga mempertimbangkan kondisi finansial debitur tersebut. Kredit tanpa jaminan ini dapat menjadi alternatif jika kredit dengan jaminan dirasa sulit.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan