Home Perbankan Apa yang Dimaksud dengan Transfer RTGS

Apa yang Dimaksud dengan Transfer RTGS

7 min read
0
0
Apa yang Dimaksud dengan Transfer RTGS

Ada banyak cara untuk mengirim uang antar perbankan, ada transfer melalui mesin ATM, kliring dan transfer RTGS. Istilah Tranfer RTGS mungkin masih terdengar asing bagi beberapa orang. RTGS merupakan singkatan dari Real Time Gross Settlement.

Transfer RTGS merupakan transfer dana secara online atau elektronik yang diproses secara real time. Lalu, apa bedanya RTGS dengan transfer melalui ATM?

Advertisements

Bedanya, RTGS ini dilakukan untuk transfer dana dengan nominal di atas Rp 100 juta. Jadi RTGS ini tidak dapat digunakan secara sembarang karena sifatnya High Value Payment System atau HVPS.

RTGS ini juga digunakan ketika pembayaran atau transfer harus sampai di penerima dana dalam waktu cepat. Sistem Transfer RTGS ini sudah dioperasikan oleh Bank Indonesia sejak 17 November 2000.

Manfaat Transfer RTGS

Berikut adalah manfaat transfer menggunakan sistem RTGS :

  1. Transfer RTGS meningkatkan kepastian penyelesaian transaksi pembayaran
  2. Transfer RTGS merupakan sarana transfer uang dalam nominal tinggi antar bank yang cepat, praktis, efisien, handal serta aman.
  3. Biaya transaksi menggunakan sistem RTGS tergolong murah, yakni Rp.9.000-Rp.23.000 per transaksi.
  4. Sistem RTGS Bank Indonesia juga telah dilengkapi mekanisme sentralisasi rekening giro sehingga pengelolaan dana menjadi efektif.
  5. Sistem Transfer RTGS ini menjadi informasi pendukung bagi otoritas informasi pengelolaan dana dalam menjalankan operasi moneter serta pengawasan bank.

Biaya Transfer RTGS

Bank Indonesia telah mengatur tentang biaya transaksi menggunakan sistem RTGS ini. Berikut adalah tabel tentang informasi biaya transfer RTGS : Baca Langkah-langkah Mengambil Uang di ATM Plus Video

No Jenis Biaya Pukul 6.30-10.00 WIB Di atas pukul 10.00-14.00 WIB Diatas pukul 14.00-cut off
1. Transaksi single credit Rp.9000 Rp.18.000 Rp.23.000
2. Transaksi multiple credit Rp.35.000 Rp.35.000 Rp.50.000
3. Transaksi single credit antar peserta untuk nasabah dalam rangka TSA Rp.0 Rp.0 Rp.0

Pada tabel di atas, terdapat istilah Transaksi Single Credit dan Transaksi Multiple Credit. Transaksi Single Credit merupakan transaksi tunggal. Sedangkan, Transaksi Multiple Credit merupakan transaksi bundle atau 2 hingga 10 transaksi yang didaftarkan oleh seorang nasabah.

Advertisements

Biaya transfer RTGS ini memang dibedakan dari waktu pengirimannya. Kenapa Bank Indonesia menerapkan pembedaan berdasarkan waktu pengiriman? Hal ini agar peserta (bank pengguna) dan nasabah terdorong untuk mengirimkan transaksi pada pagi hari atau lebih awal. Baca Apakah Yang Dimaksud Dengan Jasa Kliring Lengkap

Dengan begitu, distribusi dana dapat diproses dengan baik selama jam operasional sistem RTGS. Hal ini dikarenakan, meski nama transaksinya Real Time, tetapi dana yang ditransfer membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam untuk sampai ke rekening tujuan. Dengan begitu, biasanya transaksi yang dikirimkan lebih dari jam 14.00 akan diproses pada hari berikutnya.

Ada kemungkinan Bank Indonesia menerapkan biaya administrasi, biaya penggunaan guest bank dan biaya lain bagi peserta transfer RTGS. Akhirnya pada tingkat nasabah, biaya yang dikenakan bisa bervariasi, yakni tergantung pada bank yang menjadi peserta RTGS.

Bank yang menjadi peserta dapat menambah biaya transfer untuk biaya pemeliharaan aplikasi RTGS, biaya investasi, biaya personil dan biaya lain-lain. Namun, bank peserta diperbolehkan menetapkan biaya maksimal transfer RTGS pada nasabah sebesar Rp.35.000.

Bank Indonesia telah mewajibkan bank peserta RTGS agar mengumumkan biaya RTGS secara transparan di tempat yang terlihat bagi nasabahnya.

Perbandingan Transfer RTGS dengan Sistem Kliring Nasional (SKN)

Selain pengiriman dengan sistem RTGS, ada juga sistem pengiriman dana antar bank yang disebut dengan Sistem Kliring Nasional (SKN). Definisi kliring adalah penyelesaian hutang dan piutang antar bank dengan menyerahkan surat berharga maupun surat dagang dari bank peserta yang diadakan oleh Bank Indonesia maupun pihak lain yang telah ditunjuk.

Sebenarnya kliring dapat juga digunakan untuk mengirim uang dalam nominal tinggi, malahan biaya kliring cenderung lebih murah dibandingkan transfer RTGS. Biaya kliring per transaksinya adalah Rp.3000. Baca Ambil Uang di ATM Link Kena Biaya Berapa

Namun, pengiriman melalui kliring cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama yakni 2-6 jam. Sebab proses kliring melibatkan verifikasi atau pemeriksaan oleh lembaga kliring. Kliring bisa menjadi alternatif jika memang pengiriman dana tidak tergesa-gesa harus sampai pada penerima.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan