Home Perbankan Apakah Yang Dimaksud dengan Perusahaan Dana Pensiun?

Apakah Yang Dimaksud dengan Perusahaan Dana Pensiun?

7 min read
0
0
Apakah Yang Dimaksud dengan Perusahaan Dana Pensiun?

Perusahaan Dana Pensiun – Menurut OJK, perusahaan dana pensiun adalah badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat saat pensiun. Yang bisa mendirikan perusahaan dana pensiun ini adalah bank, pemberi kerja, pemerintah atau perusahaan asuransi.

Dana pensiun adalah dana yang wajib dipersiapkan sedini mungkin setelah seseorang sudah bekerja. Sebab, saat pensiun nanti tentu masih banyak keperluan yang membutuhkan pendanaan, seperti keperluan sehari-hari sampai keperluan kekeluargaan. Keberadaan dana pensiun tentu akan membuat masa pensiun lebih aman dan dapat dinikmati.

Advertisements

Kenapa mesti menitipkan dana pensiun ke perusahaan dana pensiun? Ada banyak keuntungan yang diperoleh dibanding jika menabung dana pensiun sendiri. Untuk lebih jelasnya, simak informasi terkait perusahaan dana pensiun berikut ini.

Cara Kerja Perusahaan Dana Pensiun

            Berikut cara kerja perusahaan dana pensiun :

  1. Melakukan pendataan peserta dana pensiun serta mengumpulkan iuran

Perusahaan dana pensiun melakukan pendataan peserta serta ahli waris yang berhak memperoleh dana pensiun sesuai data dari pemberi kerja. Perusahaan dana pensiun kemudian menugaskan wakilnya untuk menagih iuran pada peserta dana pensiun.

  1. Mengembangkan uang yang diterima dari peserta (investasi)

Poin kedua inilah yang menjadi pembeda utama mengikuti program dana pensiun vs menabung sendiri. Yang namanya mata uang, biasanya mengalami penurunan nilai setiap tahunnya. Sehingga menabung saat ini jelas bukan keputusan yang menguntungkan. Menyerahkan dana pensiun kepada perusahaan yang berpengalaman dalam berinvestasi cenderung lebih menguntungkan. Baca Apa yang Dimaksud dengan Transfer RTGS

Dana yang disetorkan ini akan diinvestasikan melalui deposito, tabungan, surat utang negara, saha, obligasi, properti, reksadana, anak perusahaan serta investasi lain yang wujudnya diperbolehkan di Undang-undang Dana Pensiun, peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan peraturan lain yang mengatur tentang dana pensiun.

  1. Membayarkan manfaat pensiun kepada peserta sesuai dengan peraturan dan hak peserta

Peserta dana pensiun wajib melapor secara berkala kepada perusahaan dana pensiun bahwa dirinya masih hidup. Hal ini dilakukan dengan mengirim format isian dan lampiran yang sudah ditentukan melalui kurir atau file elektronik kepada perusahaan dana pensiun.

Advertisements

Jika tidak terdapat laporan yang benar, maka perusahaan dana pensiun akan menangguhkan pembayaran manfaat pensiun untuk menghindari kesalahan pembayaran.

Kegunaan Dana Pensiun

Berikut adalah kegunaan dana pensiun bagi pesertanya :

  1. Sebagai tabungan dan investasi

Artinya seluruh dana yang dibayarkan peserta merupakan tabungan dan investasi milik peserta dan manfaatnya diperuntukkan semata untuk peserta.

  1. Untuk pensiun

Artinya, seluruh dana akan dibayarkan pada saat peserta berada di masa pensiun. Jika peserta dana pensiun telah meninggal, maka dana pensiun akan diberikan kepada ahli waris yang berhak.

  1. Sebagai asuransi

Jika peserta mengalami pensiun dini karena sakit atau meninggal dunia sebelum masa pensiun, maka dana pensiun dapat diterimakan pada saat itu juga. Baca Apakah yang Dimaksud dengan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia

Sumber Dana Lain yang Dapat Dijadikan sebagai Dana Pensiun

Selain membiarkan dana pensiun dikelola perusahaan dana pensiun, ada beberapa sumber dana mandiri yang dapat dijadikan sebagai dana pensiun, yakni :

  1. Tabungan berupa kekayaan barang

Contoh dari tabungan kekayaan barang ini adalah emas atau perhiasan. Tantangan menabung jenis ini adalah harus piawai memilih barang, jangan sampai barang yang dipilih justru mengalami penurunan harga tiap tahunnya.

  1. Tanah atau bangunan

Tanah atau bangunan bisa menjadi sumber dana pensiun sebab biasanya harganya naik setiap tahun. Harga tanah dan bangunan ini juga tergantung pada kondisi pasar saat penjualan serta strategisnya lokasi tanah atau bangunan tersebut.

  1. Hasil investasi riil

Hasil investasi riil ini bisa berasal dari kegiatan berdagang, beternak atau bertani, usaha jasa, atau produksi barang. Jika dikelola dengan baik, investasi riil ini bisa menguntungkan. Namun tidak semua orang memiliki bakat atau minat untuk melakukan investasi jenis ini. Investasi riil juga memiliki resiko bangkrut atau rugi. Baca Apa yang Dimaksud Dengan Kredit Tanpa Agunan

  1. Hasil investasi dari pasar modal atau pasar uang

Investasi di pasar modal atau pasar uang bisa berupa saham, obligasi atau reksadana. Jenis investasi di pasar modal yang kerap dipilih oleh masyarakat adalah surat utang negara, deposito, sukuk, atau menyimpan dalam mata uang asing yang nilainya mengalami kenaikan melebihi inflasi.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan