Home Pinjaman Bagaimana Cara Menghitung Cicilan Kredit Mobil?

Bagaimana Cara Menghitung Cicilan Kredit Mobil?

4 min read
0
0
Bagaimana Cara Menghitung Cicilan Kredit Mobil?

Cicilan kredit mobil merupakan salah satu hal yang sering menjadi pusat perhatian ketika orang mengambil atau membeli mobil secara kredit.

Sering sekali dijumpai orang yang menanyakan besarannya jumlah cicilan yang harus dibayarkan kepada orang yang membeli mobil baru secara kredit.

Advertisements

Tentunya itu menjadi sebuah hal yang penting untuk diketahui sebelum memutuskan untuk membeli mobil secara kredit, karena itulah yang akan menjadi sebuah tanggungan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Memperhitungkan dan menanyakan mengenai cicilan yang harus dibayarkan ini akan menentukan kehidupan di bulan-bulan mendatang, jangan sampai tidak melakukan perhitungan ini dan kemudian malah cicilan tersebut menjadi beban yang terlalu berat setiap bulannya.

Menghitung Cicilan Kredit Mobil

Memiliki mobil merupakan impian banyak orang, karena memang kendaraan mobil itu memiliki daya tarik tersendiri yang mampu membuat banyak orang tertarik untuk memiliki kendaraan mobil tersebut.

Ada banyak sekali bagian dari mobil yang menjadi daya tariknya, sehingga banyak orang menginginkan memiliki mobil.

Yang pertama tentu adalah kapasitasnya yang cukup besar karena bisa muat untuk 4 orang sampai 7 orang.

Lalu mobil itu tertutup sehingga orang yang mengendarainya dan ikut bersama dalam satu mobil tidak akan terkena hujan bila terjadi hujan dalam perjalanan tidak akan kena panas dan juga angin yang besar.

Advertisements

Jadi bisa dibilang mobil memiliki kenyamanan yang cukup baik dan sangat mampu menarik masyarakat untuk membelinya. Baca Besar Uang Muka Untuk Kredit Mobil?

Ada banyak hal yang mempengaruhi jumlah besaran cicilan kredit mobil, dan tentunya sesuai dengan kebijakan dari bank ataupun lembaga pembiayaan lainnya.

Yang paling pertama adalah mengenai uang muka, karena dengan adanya uang muka sudah pasti jumlah hutang akan berkurang dan cicilan pun menjadi semakin terjangkau. Ada banyak sekali aturan yang berbeda mengenai uang muka ini, ada yang menerapkan uang muka 20% dan ada juga yang menerapkan 30% minimal.

Karena itulah seseorang yang ingin membeli mobil secara kredit perlu menanyakan secara rinci mengenai uang muka tersebut.

Uang muka yang semakin besar akan memperkecil jumlah cicilan yang harus dibayar setiap bulan, semakin kecil uang maka akan memperbesar cicilan.

Biaya bunga juga akan menentukan mengenai besaran cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Semakin besar bunga yang ditetapkan, maka jumlah cicilan setiap bulannya pun menjadi semakin besar pula.

Setiap bank maupun lembaga pembiayaan menerapkan bunga yang berbeda-beda, akan tetapi biasanya biaya bunga antara 1% sampai 2% dari pokok hutang yang dipinjamkan untuk membeli mobil. Baca Dokumen Untuk Mengajukan Kredit Mobil?

Kalau untuk bunga sebisa mungkin orang yang ingin membeli mobil secara kredit memilih lembaga atau bank yang menerapkan bunga paling kecil dibandingkan yang lainnya. Dengan demikian jumlah cicilan kredit mobil jadi lebih terjangkau.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan