Home Pinjaman Bagaimana Cara Menghitung Simulasi KPR? 2018

Bagaimana Cara Menghitung Simulasi KPR? 2018

4 min read
0
0
Bagaimana Cara Menghitung Simulasi KPR?

Menghitung simulasi KPR merupakan salah satu hal yang wajib sekali untuk dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli rumah dengan sistem kredit melalui lembaga keuangan seperti bank baik itu bank swasta maupun bank milik negara.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan akan rumah atau tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang sebenarnya harus terpenuhi.

Advertisements

Akan tetapi dari kebutuhan pokok manusia yang lainnya kebutuhan akan tempat tinggal atau rumah merupakan kebutuhan yang sangatlah mahal atau membutuhkan biaya yang besar.

Oleh karena itu sering kali orang memilih menggunakan sistem kredit melalui lembaga keuangan seperti bank yang memang sering kali menawarkan produk KPR untuk bisa mendapatkan rumah atau hunian.

Menghitung Simulasi KPR Sebelum Kredit Rumah

Kepemilikan rumah atau hunian merupakan sebuah kebutuhan utama bagi manusia, terutama bagi orang yang sudah berkeluarga atau akan membangun sebuah rumah tangga.

Orang yang baru menikah dan akan membangun rumah tangga pasti akan memikirkan kepemilikan rumah untuk tempat tinggal keluarga barunya.

Akan tetapi harga dari rumah atau hunian sekarang ini tidak memungkinkan untuk bisa langsung dibeli secara tunai kecuali anda orang yang sangat kaya atau mungkin masih keturunan sultan atau raja.

Ini merupakan penghalang yang cukup besar untuk bisa memiliki rumah, akan tetapi sekarang ini sudah cukup banyak bank di Indonesia ini yang menyediakan program kredit kepemilikan rumah atau sering dibilang KPR. Baca Bank Yang Menerima Jaminan Sertifikat Rumah

Advertisements

Seseorang atau mungkin pasangan suami istri yang baru menikah dan akan membangun rumah tangga perlu sekali menghitung simulasi KPR yang bisa menjadi bahan pertimbangan dan gambaran sebelum mengambil kredit rumah melalui suatu bank.

Penghitungan simulasi ini sebenarnya untuk membantu memberi gambaran mengenai cicilan yang mungkin nantinya harus dibayarkan setiap bulannya.

Jadi ini sangatlah penting untuk dilakukan, karena jangan sampai sudah mengambil kredit akan tetapi nantinya tidak bisa membayar cicilan yang harus dibayar setiap bulannya.

Mengapa harus menghitung lebih dulu? Karena setiap bank menerapkan beberapa kebijakan yang berbeda yang mempengaruhi cicilan dan jumlah kredit yang harus dibayarkan, sehingga bisa membantu akan mengambil kredit melalui bank mana.

Dalam kredit kepemilikan rumah itu ada beberapa hal yang harus diketahui dari bank supaya bisa mendapatkan simulasi kredit yang akurat.

Setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda-beda akan beberapa hal tersebut, jadi perlu sekali untuk menanyakan ataupun mencari informasi mengenai hal tersebut. Yang paling pertama tentunya adalah biaya bunga yang harus dibayarkan, biasanya informasi bunga itu per tahun. Baca Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah Atas Nama Orang Lain

Meski begitu dibayarkannya setiap bulan, jadi harus dihitung dari total kredit dan bunga baru dibagi 12 bulan. Dengan demikian akan bisa menghitung simulasi KPR yang akurat.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan