Home Perbankan Berapa Biaya Tarik Tunai di ATM Bersama

Berapa Biaya Tarik Tunai di ATM Bersama

7 min read
0
0
Berapa Biaya Tarik Tunai di ATM Bersama

ATM Bersama adalah jaringan ATM yang dapat digunakan oleh berbagai jenis ATM bank. ATM Bersama tergolong sebagai salah satu jaringan ATM terbesar di Indonesia. Di ATM Bersama, pengguna dapat melakukan berbagai transaksi perbankan, contohnya tarik tunai. Namun, ada biaya yang dikenakan pada transaksi tarik tunai di ATM Bersama. Berapa biayanya?

Besar biaya tarik tunai di ATM Bersama tergantung pada kebijakan masing-masing bank. Bahkan beberapa bank, seperti BCA dan Bank Sinarmas menggratiskan transaksi tarik tunai di ATM Bersama. Namun, kisaran biaya normalnya adalah Rp.6500 – Rp.7500. Biaya ini otomatis dipotong dari rekening tabungan setiap pengguna melakukan tarik tunai di ATM Bersama.

Advertisements

Biaya Transaksi Lain di ATM Bersama

Berikut adalah daftar biaya untuk tiap jenis transaksi menggunakan jaringan ATM Bersama :

  1. Biaya transfer antar bank dikenakan tarif Rp.6500.
  2. Transaksi gagal dikenakan tariff ± Rp.3500.
  3. Biaya transfer antar bank via internet banking Rp.6500.
  4. Biaya transfer antar sms banking Rp.6500.
  5. Biaya transfer antar bank via mobile banking Rp.6500.

Tentang ATM Bersama

ATM Bersama adalah jaringan terminal ATM yang pertama ada di Indonesia. ATM Bersama didirikan pada tahun 1990. Sejak saat itu, ATM Bersama sudah memiliki 77000 terminal ATM yang tersebar di wilayah Indonesia. Baca Pinjaman Uang Jaminan ATM dan Buku Tabungan, Bisa Gak Ya??

Kelebihan dari ATM Bersama adalah nyaman, aman, dan mudah ditemui dimana-mana. Selain itu, ATM Bersama juga telah terhubung dengan MEPS, sebuah jaringan yang membuat nasabah dapat bertransaksi ketika berada di Malaysia.

Kelebihan Melakukan Transaksi Lewat Jaringan ATM Bersama

ATM Bersama tergolong mudah ditemukan dimana-mana. ATM Bersama dapat menjadi pilihan saat ATM Bank yang Anda gunakan letaknya jauh atau bahkan tidak tersedia di lokasi. Apalagi ketika Anda diharuskan melakukan suatu transaksi secepat mungkin.

Selain itu, cara melakukan transaksi di ATM Bersama sama saja dengan ATM biasa. Transaksi di ATM Bersama dikenal aman dan mudah dilakukan.

Advertisements

Kekurangan Melakukan Transaksi Lewat Jaringan ATM Bersama

            Satu-satunya kekurangan yang dimiliki ATM Bersama adalah adanya biaya yang dikenakan pada setiap transaksi. Biaya ini tentu membuat seseorang berpikir 2 kali jika ingin melakukan transaksi di ATM Bersama. Baca Berapakah Maksimal Tarik Tunai di ATM BRI

Bagi beberapa orang, lebih baik menempuh jarak yang lebih jauh untuk bertransaksi di ATM Bank masing-masing daripada saldo tabungannya terpotong. Kabar baiknya, ada beberapa bank yang menggratiskan transaksii lewat jaringan ATM Bersama ini.

ATM Bersama adalah salah satu jaringan ATM yang ada di Indonesia. Selain ATM Bersama, ada beberapa jaringan ATM yang banyak digunakan, seperti ATM Prima, ATM Link dan ATM Cirrus.

  1. ATM Prima

ATM Prima adalah jaringan terminal ATM yang merupakan produk dari Jaringan PRIMA. Sudah ada 78 bank yang tergabung dengan ATM Prima. Kelebihan ATM Prima antara lain adalah transaksinya diproses secara langsung, memiliki jaringan ATM yang besar di Indonesia, keamanan sistem jaringan ATM Prima telah terjamin, memiliki fitur “Online settlement”, yang membuat proses settlement antar bank bisa dituntaskan dalam waktu 1 hari kerja,

Keberadaannya mempermudah jaringan transaksi seperti tarik tunai, cek saldo sampai transfer, mempunyai lebih dari 110.000.000 kartu ATM dan 120.000 jaringan ATM yang sudah terhubung dengan mobile banking, internet banking dan channel digital lain di Indonesia.

  1. ATM Link

ATM Link merupakan jaringan ATM milik HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara) seperti Bank Mandiri, BNI, BTN dan BRI. ATM Link dikenal sebagai jaringan ATM yang tidak mematok biaya apapun untuk transaksi penarikan tunai khusus oleh ATM Bank BUMN.

Namun untuk bank non BUMN lain biasanya akan dikenakan biaya tarik tunai sebesar Rp.7500. ATM Link tergolong mudah ditemui di berbagai daerah. Berbagai bank sudah tergabung di ATM link seperti BNI, BRI, dan lain-lain. Baca Bank Apa Saja yang Ada di ATM Bersama

  1. ATM Cirrus

ATM Cirrus adalah jaringan ATM internasional. Jaringan ATM ini merupakan anak cabang dari MasterCard yang berbasis di New York, Amerika Serikat. Contoh bank di Indonesia yang tergabung dalam ATM Cirrus adalah BCA dan BNI.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan