Home Pegadaian Cara Gadai Emas di Pegadaian (Pengalaman Sendiri)

Cara Gadai Emas di Pegadaian (Pengalaman Sendiri)

5 min read
0
0
Cara Gadai Emas di Pegadaian

Cara Gadai Emas di Pegadaian – Kini, beragam solusi keuangan tersedia bagi Anda. Salah satunya adalah gadai emas yang merupakan suatu instrumen investasi dalam rangka mengatasi persoalan keuangan Anda.

Selebihnya, manfaat gadai emas tidak hanya sebagai alat investasi biasa, melainkan dapat digunakan untuk memperoleh modal bisnis dan modal investasi lainnya.

Advertisements

Rangkaian cara gadai emas di pegadaian dapat dilakukan dengan memahami berbagai hal sebagai berikut.

Cara Gadai Emas di Pegadaian

Data diri sangat penting dalam segala proses keperluan, termasuk dalam menggadaikan emas. Sebagai nasabah pegadaian yang akan menggadaikan emas, Anda harus memenuhi persyaratan yang berlaku. Anda wajib mengumpulkan data diri, yaitu KTP.

Setelah itu, surat-surat yang dibutuhkan untuk melengkapi persyaratan, meliputi sertifikat juga ota pembelian emas harus dibawa. Selanjutnya, tanda bukti berupa emas yang akan digadaikan juga harus ditunjukkan.Baca Mengenal Sistem Jatuh Tempo Pegadaian

  • Memahami Harga Taksiran Emas

Saat digadaikan, emas akan dihitung kisaran harganya. Berdasarkan peraturan, setelah melakukan taksiran harga emas, pihak pegadaian akan memberikan pinjaman untuk pemberi gadai.

Pinjaman tersebut sebesar 85% dari keseluruhan harga taksiran yang sudah ditentukan tersebut. sebagai contoh, emas dihargai Rp 1 juta, namun nasabah hanya menerima pinjaman sebesar Rp 850 ribu.

  • Mengetahui Besar Biaya Gadai Emas

Anda juga harus mengetahui informasi cara gadai emas terkait besar biaya untuk titip gadai ataupun sewa modal beserta bunganya.Baca Jam Operasional Pegadaian Setiap Harinya

Advertisements

Bunga tersebut biasanya dihitung setiap 15 hari sekali dan dikenakan sebesar 1,15% dan setiap 30 hari sekali dengan bunga sebesar 2,3%. Dengan demikian, semakin lama jangka waktu yang dipilih, maka semakin besar pula bunganya.

  • Mengetahui Jangka Waktu Peminjaman

Selanjutnya, dalam proses gadai emas berlaku jangka waktu peminjaman. Anda harus memahaminya, di mana jangka waktu tersebut berlaku hingga 4 bulan.

Jangka waktu gadai emas ini sudah tercantum dalam Surat Bukti Kredit. Selama kurun waktu ini, Anda dapat membayar angsuran untuk melunasi pinjaman, sehingga mengurangi jumlah hutang dan bunga di akhir periode ketika jatuh tempo.Baca Call Center Pegadaian 24 Jam Bebas Pulsa

  • Memahami Sistem Jatuh Tempo dan Masa Tenggang

Sistem jatuh tempo merupakan batas bagi nasabah untuk melunasi kewajibannya. Apabila kewajiban nasabah belum sepenuhnya terpenuhi, maka terdapat perpanjangan yang disebut dengan masa tenggang, yaitu selama 20 hari.

Setelah masa tenggang, terdapat sistem lelang terhadap emas yang digadaikan, apabila belum terbayar lunas.

Jika nasabah ingin langsung melelang barang gadai, maka pihak pegadaian memperbolehkannya. Nasabah dapat menentukan ingin memperpanjang jangka waktu pelunasan ataupun langsung melelang emas.

Berbagai cara gadai emas tersebut dapat menjadi rekomendasi rujukan Anda apabila tertarik untuk menggadaikan emas.Baca Cara Gadai HP di Pegadaian Syariah

Tips tersebut adalah salah satu solusi bagi Anda yang membutuhkan dana mendadak. Setelah memahami rangkaian tahap tersebut, Anda dapat melakukan gadai emas dengan mudah dan tepat.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan