Home Pegadaian Cara Gadai HP di Pegadaian Syariah (Pengalaman)

Cara Gadai HP di Pegadaian Syariah (Pengalaman)

5 min read
0
1
Cara Gadai HP di Pegadaian Syariah

Cara Gadai HP di Pegadaian Syariah – Ketika ada kebutuhan yang mendesak dan Anda pun kebingungan karena tidak memiliki cukup uang, maka pegadaian merupakan solusi terbaik.

Pergi ke pegadaian memang dirasa paling efektif karena Anda bisa cepat mendapatkan pinjaman dana. Jika Anda ingin menggadaikan HP pada pegadaian syariah, di sini ada cara gadai HP di pegadaian syariah yang bisa Anda perhatikan.

Advertisements

Dengan mengikuti tata cara yang benar maka nanti pencairan dana akan lebih cepat.Baca dulu Kisaran Harga Gadai Emas Putih di Pegadaian

  • Memberikan fotokopi data diri

Cara gadai HP di pegadaian syariah sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan pegadaian konvensional. Yang membedakannya adalah nasabah tidak akan dikenakan biaya administrasi dan bunga bulanan pada pegadaian syariah.

Kemudian syarat pertama yang harus Anda lakukan untuk menggadaikan HP adalah memberikan fotokopi berupa data diri seperti KTP. Hal ini merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh setiap nasabah.

  • Menyerahkan barang yang akan dijaminkan

Cara yang kedua untuk menggadaikan HP di pegadaian syariah adalah menyerahkan barang yang akan dijaminkan. Khusus untuk barang elektronik seperti HP, laptop, TV, kamera dan lain sebagainya wajib menyerahkan barang.Baca Bisakah Gadai Emas Tanpa Surat di Pegadaian

Tetapi jika itu kendaraan bermotor, maka Anda wajib menyerahkan BPKB. Di pegadaian syariah pun sama aturannya dengan pegadaian konvensional yaitu harus sama-sama menyerahkan barang yang akan digadai. Namun, yang berbasis syariah istilahnya diganti menjadi titip barang.

Advertisements
  • Barang yang dititipkan milik sendiri

Karena merupakan pegadaian yang berbasis syariah maka barang yang akan digadai pun harus milik sendiri. Barang bukan milik orang lain dan bukan merupakan barang sengketa seperti curian.

Terkadang ada juga kantor pegadaian syariah yang memberikan ketentuan untuk menyerahkan dus atau box barang tersebut. Hal itu tentu lebih baik karena Anda akan diyakini sebagai pemilik aslinya.

  • Kondisi barang harus 90% normal

Supaya cepat mendapatkan pinjaman dana maka kondisi barang atau HP yang akan digadaikan harus normal.Baca Pegadaian Lewat Jatuh Tempo Apa Barang Hilang?

Minimal belum pernah diservis dan 90% mulus, nantinya ini juga bisa mempengaruhi nilai gadai dari barang itu sendiri.

  • Menerima surat gadai

Setelah semua cara sudah Anda lakukan seperti mengisi kelengkapan atau keperluan gadai, menyerahkan data diri dan barang yang akan dijamin, maka proses selanjutnya adalah menerima surat gadai.

Surat tersebut berisikan berapa tafsiran barang yang digadai, berapa jumlah pinjaman dan tanggal jatuh tempo.

Jika Anda lebih mempercayakan ke pegadaian syariah, maka Anda hanya akan dibebani untuk membayar biaya titip barang saja. Biaya titip barang ini maksudnya adalah membayar tebusan.Baca Jika Barang Tidak Ditebus di Pegadaian Bagaimana?

Pegadaian syariah memang lebih menguntungkan karena tidak akan dikenakan bunga bulanan maupun biaya administrasi. Beberapa cara gadai HP di pegadaian syariah di atas semoga bisa menambah informasi Anda.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan