Home Pinjaman Cara Kredit Kendaraan Bermotor di Bank Jatim

Cara Kredit Kendaraan Bermotor di Bank Jatim

7 min read
0
0
Cara Kredit Kendaraan Bermotor di Bank Jatim

Memiliki kendaraan bermotor, agaknya bukan lagi menjadi kebutuhan tersier bagi sebagian orang. Namun, telah bergeser menjadi kebutuhan sekunder. Bagaimana tidak ? Adanya kendaraan bermotor, membantu meningkatkan mobilitas mereka. Terlebih bagi mereka yang dituntut oleh pekerjaan dengan mobilitas tinggi.

Melihat kondisi tersebut, Bank Jatim mampu melakukan sebuah terobosan yang cukup unik di bidang perbankan, yakni dengan mengeluarkan produk berupa “Kredit Kendaraan Bermotor” atau disingkat menjadi KKB.

Advertisements

Produk kredit (baca: KKB) ini memiliki beberapa fitur, antara lain: KKB – Mobil/Motor Baru, KKB – Mobil Bekas, KKB – Refinancing, KKB – Instant dan KKB – Kendaraan Operasional.

Nah,bagaimana cara kredit kendaraan bermotor di Bank Jatim?

Pertama, siapkan persyaratan mengajukan kredit. Beberapa persyaratan untuk mengajukan KKB, antara lain:

  1. Mengisi formulir Aplikasi Kredit Kepemilikan Kendaraan Bermotor (KKB).
  2. Untuk konsumen perorangan (wiraswasta/pengusaha) dan badan usaha:
  3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau E-KTP calon debitur dan suami/istri, serta fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan surat nikah.
  4. Jika belum menikah: fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan Surat Keterangan Belum Menikah dari Kelurahan.
  5. Di samping itu, perlu melampirkan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP)/Surat Keterangan Usaha (SKU).
  6. Untuk PNS/Pegawai BUMD/BUMN/karyawan swasta:
  7. fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau E-KTP calon debitur dan suami/istri, serta fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan surat nikah.
  8. Jika belum menikah: fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan Surat Keterangan Belum Menikah dari Kelurahan.
  9. Fotokopi Kartu Pegawai/ID Card.
  10. Dibuktikan dengan surat keterangan kerja dari instansi terkait dan fotokopi SK pegawai tetap yang telah dilegalisir.
  11. Melampirkan Surat Keterangan Penghasilan atau Slip Gaji 3 tiga bulan terakhir.

Kedua, kunjungi bank Jatim untuk mengajukan kredit kendaraan bermotor. Nantinya, petugas akan memberikan formulir yang harus diisi dan meminta persyaratan kredit. Pengajuan kredit pun akan diproses oleh Bank Jatim. Baca Prosedur Kredit Pinjaman Usaha di Bank Jatim

Apabila pengajuan kredit disetujui, Bank Jatim akan menghubungi calon debitur. Akan dilakukan penandatanganan akad kredit sebelum kredit dicairkan.

Itulah cara kredit kendaraan bermotor di Bank Jatim.

Sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit, tak ada salahnya bila anda mencermati lima poin penting berikut:

  1. Carilah tipe mobil yang sesuai dengan kebutuhan anda

Sebelum membeli mobil, seyogyanya anda telah mengetahui betul spesifikasi mobil yang anda perlukan. Beberapa pertimbangan yang mungkin berguna, antara lain: merk, warna, ukuran serta kapasitas mesin.

Advertisements

Sebagai contoh, bila anda membutuhkan mobil sekedar menjadi alat transportasi menuju kantor, mobil dengan ukuran kecil bisa menjadi solusi untuk membelah kemacetan yang terjadi di jalan. Atau jika anda mempunyai usaha yang bergerak dibidang ekspedisi, mobil dengan kapasitas mesin yang besar cocok untuk digunakan.

  1. Perhatikan harga beli mobil dan harga jualnya nanti

Perlu sekali kiranya mengetahui harga beli mobil dan perkiraan harga jualnya nanti. Bukan tanpa alasan, beberapa jenis mobil harganya akan langsung turun 10% – 15% setelah keluar dari show room. Baca Tabel Pinjaman Bank Jatim untuk PNS

Atau malah sebaliknya, harga bekasnya bisa lebih tinggi dari pada saat membelinya, hal ini tergantung pada spesifikasi dari mobil yang anda beli, apalagi mobil yang anda beli tergolong dalam edisi terbatas (limited edition).

  1. Cari perbandingan beberapa dealer dan perusahaan leasing

Seberes dengan memilih mobil yang sesuai dengan pilihan anda, tiba saatnya anda untuk mengunjungi beberapa dealer atau perusahaan leasing.

Pastikan anda memperoleh informasi mendetail mengenai tipe/merk mobil, harga, program kredit, serta beragam promosi yang ditawarkan oleh dealer/perusahaan leasing.

  1. Lihatlah harga total yang harus anda bayarkan

Tak kalah penting, anda juga harus memperhatikan besar bunga yang harus anda bayarkan nantinya. Umumnya, bank atau perusahaan leasing akan menetapkan bunga sebesar 20% dari harga jual mobil.

Mengetahui besarnya bunga beserta cicilan yang harus dibayar setiap bulannya dapat membantu anda menyusun berapa besar pengeluaran tiap bulannya. Jangan salah, semakin kecil jumlah cicilan anda di tiap bulannya, maka semakin panjang waktu yang anda perlukan untuk melunasinya.

  1. Tentukan masa cicilan

Masih berhubungan pada poin keempat, besar cicilan berbanding lurus dengan lama pelunasan. Meski terlihat meringankan, jumlah cicilan yang kecil akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk anda melunasinya. Baca Persyaratan Pengajuan Kredit di Bank Jatim

Baiknya anda betul-betul merancang skema pelunasan agar tak terbentur dengan kebutuhan jangka panjang lainnya. Selain itu, perlu anda perhatikan suku bunganya, apakah tetap atau tidak tetap. Jangan sampai anda membayar cicilan terlampau tinggi dibandingkan dengan harga mobil yang anda beli.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan