Home Pegadaian Gadai Motor di Pegadaian Tanpa BPKB Apa Bisa?

Gadai Motor di Pegadaian Tanpa BPKB Apa Bisa?

5 min read
0
1
Gadai Motor di Pegadaian Tanpa BPKB Apa Bisa?

Gadai Motor di Pegadaian Tanpa BPKB Apa Bisa? – Tuntutan ekonomi yang semakin tinggi tak pelak sering membuat beberapa orang harus rela menjual barang-barang berharganya demi menghidupi diri sendiri maupun keluarga.

Selain menjual barang, beberapa juga ada yang lebih memilih untuk menggadaikan barang. Biasanya, jenis barang yang paling sering dijadikan jaminan di pegadaian adalah motor, mobil, perhiasan dan surat-surat berharga.

Advertisements

Namun, ketika Anda ingin menggadaikan motor maupun mobil, tempat pegadaian pasti akan meminta kelengkapan surat-suratnya, termasuk BPKB dan STNK.Baca Cara Menggadaikan Ijazah di Pegadaian

Akan tetapi, bagaimana jika Anda ingin menggadaikan motor tapi belum memiliki surat-surat tersebut? Gadai motor di pegadaian tanpa BPKB apa bisa?

Gadai Motor di Pegadaian Tanpa BPKB Apa Bisa?

Kondisi yang memungkinkan Anda ingin menggadaikan motor tanpa BPKB adalah biasanya karena motor masih dalam proses kredit, alias cicilan pembeliannya belum dilunasi. Apabila kondisinya seperti ini, perusahaan pegadaian masih membolehkan Anda untuk melakukan gadai, dengan beberapa ketentuan tertu saja.Baca Pinjam Uang Di Pegadaian Tanpa Jaminan Apa Bisa?

Ketentuan tersebut antara lain adalah Anda harus melakukan pemindahtanganan kepemilikan motor. Selain itu, pinjaman yang Anda ajukan haruslah lebih kecil dari sisa cicilan motor Anda.

Cara seperti ini sebenarnya cocok untuk Anda yang ingin melakukan pengembalian hutang ke pegadaian secara cepat. Sebab, jika Anda tak mampu membayar tepat waktu, motor beserta surat-suratnya tidak bisa Anda ambil kembali.

Selain itu, perusahaan pegadaian juga hanya menerima gadai motor kredit yang berasal dari perusahaan resmi, sebab sudah pasti terjamin legalitasnya. Namun, jenis pegadaian tersebut biasanya dilakukan pada lembaga-lembaga pembiayaan leasing.

Advertisements

Apabila ingin yang lebih menjanjikan, sebaiknya ke perusahaan pegadaian milik pemerintah. Namun, jika ternyata Anda memiliki motor yang tak memiliki BPKB atau surat kelengkapan lainnya, sebenarnya Anda masih bisa menggadaikannya ke pegadaian-pegadaan milik pribadi.Baca Kekurangan Tabungan Emas Pegadaian

Gadai Motor di Pegadaian Tanpa BPKB

Masih ingin gadai motor di pegadaian tanpa BPKB apa bisa? Jawabannya adalah bisa. Anda bisa mencari perusahaan-perusahaan pegadaian pribadi, bahkan Anda bisa menggadaikannya ke teman atau kerabat Anda sendiri.

Sayangnya, ada banyak risiko yang perlu Anda pahami ketika melakukan pegadaian ini. Salah satunya adalah syarat-syarat yang cukup memberatkan yang diajukan oleh pegadaian tersebut.

Supaya aman bagi kedua belah pihak, sebaiknya membuat perjanjian hitam di atas putih dengan materai dan tanda tangan resmi, hadirkan beberapa saksi untuk menjamin keabsahan perjanjian.

Saksi setidaknya ada dari pihak Anda maupun kreditur supaya nantinya tidak ada kesalahpahaman. Perjanjian juga haruslah yang masuk akal dan dibuat untuk disepakati kedua belah pihak. Sebab, jika sampai tersandung ke ranah hukum, ada bukti konkret yang bisa dipakai di pengadilan.Baca Apakah Gadai BPKB Motor Tanpa Survey?

Menggadaikan motor tanpa BPKB memang sangat sulit, karena pihak perusahaan pun harus menimang risiko yang akan menjerat mereka seandainya tidak ada surat resmi yang bisa dijadikan bukti sah.

Rawannya penipuan juga menjadi pertimbangan oleh pegadaian untuk mau memberikan pinjaman. Semoga pertanyaan seputar gadai motor di pegadaian tanpa BPKB apa bisa? Sudah terjawab dengan baik dan bermanfaat untuk kita semua.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan