Home Pinjaman Kata-kata Mencari Pinjaman Uang Pribadi Supaya Dikasih

Kata-kata Mencari Pinjaman Uang Pribadi Supaya Dikasih

7 min read
0
0
Kata-kata Mencari Pinjaman Uang Pribadi Supaya Dikasih

Kata-kata Mencari Pinjaman Uang – Dalam hidup ini, kadang ada hal mendadak terjadi padahal kamu belum mempersiapkannya. Kadang pada saat itu satu-satunya pilihan yang dapat kamu lakukan adalah meminjam uang.

Saat ini, proses meminjam uang di bank cukup rumit dan lama. Meminjam di layanan pinjaman online kadang dirasa berat karena suku bunganya tinggi. Maka, satu-satunya jalan aman adalah mencari pinjaman uang pribadi ke orang-orang yang dikenal.

Advertisements

Meminjam uang secara pribadi berbeda dengan meminjam uang di bank. Di bank, kamu harus memenuhi persyaratan dokumen dan kelayakan agar bisa disetujui. Sementara untuk pinjaman pribadi, kamu harus pandai-pandai meyakinkan pemberi pinjaman.

Bagaimana kata-kata mencari pinjaman uang pribadi supaya disetujui? Simak daftarnya berikut ini.

  1. Pinjam uang untuk kebutuhan mendesak saja

Pemberi pinjaman akan merasa aneh jika kamu mengatakan butuh uang untuk membeli iPhone terbaru saat hpmu baik-baik saja. Untuk menjaga kepercayaan orang pada diri sendiri maka pinjamlah uang untuk keperluan mendesak saja.

  1. Utarakan kondisi keuangan secara jujur

“Aku mau pinjam uangmu soalnya aku lagi butuh banget”

Kalimat diatas adalah contoh kurang baik dalam meminjam uang pribadi. Saat meminjam uang, ceritakan dengan jelas kondisi keuangan secara jujur. Jelaskan pula untuk apa uang pinjaman itu akan digunakan. Baca Solusi Pinjaman Dana Tanpa Jaminan Langsung Cair

  1. Tanya kesediaan pemberi pinjaman

“Kamu mau nggak minjamin uangmu ke aku? Kalau bisa aku bersyukur, tapi kalau memang nggak bisa ya nggak apa-apa”

Saat meminjam uang pada seseorang, ada baiknya untuk memberikan ruang pada pemberi pinjaman untuk memutuskan akankah memberikan pinjaman atau tidak. Selalu ingat untuk menggunakan kata-kata yang tidak memaksa pemberi pinjaman. Jika permintaan pinjaman ditolak, terimalah dengan lapang dada. Setiap orang punya kondisi keuangan yang tidak kita ketahui.

  1. Ajukan jumlah pinjaman yang realistis

Saat meminjam uang, ajukan jumlah pinjaman yang realistis. Jumlah pinjaman hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan untuk mengembalikan pinjaman. Perhatikan juga kondisi teman atau keluarga yang uangnya hendak kita pinjam. Jangan-jangan kalau nominal yang kita ajukan terlalu besar, nantinya malah memberatkan si pemberi pinjaman.

  1. Tanyakan waktu pengembalian pinjaman

Saat memohon pinjaman, tanyakan berapa lama waktu pengembalian uang yang dikehendaki oleh pemberi pinjaman. Jika waktu pengembaliannya terlalu cepat bagi kita, maka lakukan negoisasi dengan sopan. Baca Pinjam Modal Uang 10 Juta Tanpa Jaminan Mudah Kok

Advertisements

Semisal pemberi pinjaman meminta uangnya dikembalikan pada tanggal 1 bulan berikutnya. Maka lakukan negoisasi dengan mengatakan, “Apakah bisa seumpama waktu pengembaliannya diundur 3 hari? Aku dapat uangnya pas tanggal 4 itu. Kalau bisa aja sih, kalau nggak, aku terima”

  1. Tunjukkan keseriusan untuk mengembalikan pinjaman

Keseriusan untuk mengembalikan pinjaman dapat diutarakan dengan mengucap, “Aku bakal berusaha mengembalikan tepat waktu. Aku rencananya mau ngambil pekerjaan sampingan biar bisa mengembalikan uang kamu” Intinya, tunjukkan kerja keras yang akan kamu lakukan demi mengembalikan pinjaman.

  1. Kalau perlu, berikan jaminan

Jaminan biasanya dikenakan pada pinjaman di bank atau pegadaian. Namun tidak ada salahnya untuk memberikan sebuah barang jaminan pada pemberi pinjaman yang merupakan teman atau sanak famili. Barang jaminan ini bisa berarti peralatan eletronik atau barang berharga lainnya.

  1. Kalau perlu, buatlah bukti tertulis

Tidak ada salahnya membuat surat perjanjian pinjaman demi keamanan kedua belah pihak. Surat perjanjian ini bisa berisi jumlah uang yang dipinjam dan waktu pengembalian pinjaman. Surat perjanjian ini dapat dikenakan materai atau ditandatangani orang lain yang berlaku sebagai saksi.

  1. Ucapkan terimakasih saat pinjaman disetujui maupun ditolak

Ucapan terimakasih termasuk sebagai kata-kata ajaib yang membuat hubungan tetap terjaga. Saat pinjaman disetujui, jangan lupa ucapkan terimakasih pada pemberi pinjaman. Ada baiknya untuk juga mengucap terimakasih meski pinjaman ditolak.

Kata-kata Mencari Pinjaman Uang Pribadi Supaya Dikasih

  1. Kembalikan pinjaman sesuai dengan waktu yang disepakati

Cara terbaik untuk menjaga kepercayaan saat meminjam uang pribadi adalah dengan mengembalikan pinjaman tepat pada waktunya. Dengan begitu peminjam menunjukkan niat baik dan penghargaannya pada kepercayaan pemberi pinjaman. Baca Ingin Modal Pinjaman Uang Online Tanpa Jaminan

  1. Jaga komunikasi yang baik

Jika ternyata kamu tidak bisa mengembalikan pinjaman sesuai waktu yang kamu janjikan, kamu wajib untuk menghubungi pemberi pinjaman dan menyatakan maafmu. Nyatakan pula penyebab kamu belum bisa mengembalikan pinjaman.

Ada kemungkinan pemberi pinjaman menoleransi kondisi kamu. Justru ketika tidak menjalin komunikasi yang baik, ada kemungkinan hubungan baik dengan teman atau sanak famili bisa rusak.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan