Home Pegadaian Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas di Pegadaian Syariah

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas di Pegadaian Syariah

6 min read
0
0
Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas di Pegadaian Syariah

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas di Pegadaian Syariah – Bagi sebagian orang berinvestasi merupakan hal yang wajib dilakukan agar biaya hidup di masa depan dapat tercover dengan baik.

Seperti yang telah kita ketahui, salah satu jenis investasi yang terjamin adalah investasi logam mulia. Mengapa logam mulia?? Karena logam mulia dianggap lebih terjangkau dan tidak termakan oleh zaman.

Advertisements

Namun benarkah demikian? Lalu dimanakah tempat yang aman untuk melakukan investasi tersebut?? Apa yang harus dilakukan pertama kali??

Bagi seorang pemula, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari terlebih dahulu mengenai informasi tentang kelebihan dan kekurangan dari investasi yang akan Anda dipilih.

Cobalah untuk mencari dari sumber-sumber yang terpercaya agar Anda merasa aman saat melakukan investasi tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas di Pegadaian Syariah

Saat ini, terdapat beberapa alternatif yang dapat Anda pilih untuk melakukan investasi logam mulia, salah satunya adalah pegadaian yang bertaraf syariah.

Pegadaian tersebut menawarkan alternatif dengan cara mencicil hingga logam mulia yang kita inginkan dapat lebih terjangkau. Dibawah ini terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan saat melakukan investasi logam mulia.Baca Pinjaman Pegadaian Jaminan Sertifikat Rumah

Kelebihan investasi emas

  1. Harga yang sudah ditetapkan dari awal

Biasanya sebelum melakukan transaksi, dari pihak pegadaian akan melakukan akad perjanjian kepada investor mengenai harga awal logam mulia yang investor inginkan.

Jadi sistemnya tidak menggunakan riba, sehingga sistem cicilannya sudah mengikuti aturan syariah. Sistem yang dijalankan adalah sistem bagi hasil, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut.

  1. Terdapat rekening koran

Jika Anda sudah mendaftarkan diri dan menyepakati perjanjian diatas, maka Anda akan mendapatkan laporan berupa laporan rekening koran khusus logam mulia dari tempat pegadaian yang Anda pilih. Sehingga Anda dapat terus memantau mengenai perkembangan investasi Anda.Baca Cara Meminjam Uang di Pegadaian tanpa Jaminan?

Advertisements
  1. Tidak memiliki bentuk fisik logam mulia, sampai Anda ingin mencetaknya

Saat melakukan investasi yang akan Anda dapatkan bukannya bentuk fisik dari logam mulia melainkan perjanjian yang sudah Anda sepakati sebelumnya.

Perjanjian ini telah dilindungi dan dijamin oleh badan negara, sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir.

Kelemahan investasi emas

  1. Harga emas di pegadaian lebih mahal jika dibandingkan dengan harga pasaran

Lembaga pegadaian mematok harga lebih tinggi sekitar 9 sampai 15 % dari harga emas di pasaran. Untuk itu, jika Anda berniat untuk menjualnya dalam waktu dekat, lebih baik Anda fikirkan kembali karena Anda akan mengalami kerugian yang cukup besar.Baca Barang Apa Saja yang Bisa Digadaikan di Pegadaian

  1. Harganya lebih mengikat

Yang dimaksud dengan harga lebih mengikat yakni apabila harga pasar sedang turun, maka cicilan yang Anda bayarkan tidak mengalami penurunan.

Hal tersebut tentunya akan sedikit merugikan Anda karena jika harga logam mulia dipasaran terus menerus mengalami penurunan, cicilan yang Anda bayarkan akan tetap sama seperti di perjanjian awal.

  1. Semakin rendah jumlah gram yang dicicil, semakin tinggi harga sertifikat

Jika Anda ingin menabung di pagadaian, ada baiknya jika Anda menanyakan terlebih dahulu secara detail mengenai nilai sertifikat dan cicilan, jika Anda berniat untuk mengambil bentuk fisik dari logam mulia.Baca Pengertian Pegadaian Syariah Wajib Anda Ketahui

Bisa saja harga yang ditawaran pegadaian sangat mahal dan apabila Anda membelinya di pasaran dengan kuantitas yang sama harga yang Anda dapatkan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mencicil disetiap bulannya dengan kurun waktu yang telah disepakati.

Itulah beberapa kelebihan dan kelemahan berinvestasi emas di pegadaian yang dapat kami sampaikan. Baca juga artikel terkait lainnya. Semoga bermanfaat dan selamat berinvestasi.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan