Home Perbankan Langkah-langkah Mengambil Uang di ATM Plus Video

Langkah-langkah Mengambil Uang di ATM Plus Video

7 min read
0
0
Langkah-langkah Mengambil Uang di ATM Plus Video

Mengambil Uang di ATM – Menyimpan uang di bank menjadi sebuah kebutuhan di masa kini. Pasalnya, dengan layanan ATM, nasabah dapat mengirimkan uang dengan mudah tanpa perlu dilayani tenaga manusia.

Uang juga disimpan dengan lebih aman, dapat diambil kapan saja dan dimanapun karena ATM mudah ditemui. Mengambil uang di ATM juga sangat mudah dan cepat. Bagaimana cara mengambil uang di ATM? Berikut adalah langkah-langkahnya :

Advertisements
  1. Siapkan kartu ATM dan pastikan untuk mengingat nomor PIN
  2. Datangi mesin ATM terdekat
  3. Masukkan kartu ATM pada slot yang telah tersedia. Pastikan untuk memposisikan kartu ATM dengan benar. Jika posisi salah, kartu ATM tidak dapat masuk atau tidak terbaca.
  4. Pilih bahasa yang nyaman Anda gunakan.
  5. Masukkan PIN sejumlah 6 digit
  6. Pilih nominal uang yang akan diambil
  7. Jika nominal uang yang Anda inginkan tidak tersedia di layar, pilih “Jumlah Lain” lalu ketikkan nominal yang yang dimaksud
  8. Pilih “cetak receipt” apabila Anda menginginkan bukti transaksi penarikan tunai
  9. Uang akan keluar dari mesin ATM
  10. Ambil uang
  11. Pada layar, akan muncul pertanyaan apakah Anda ingin melakukan transaksi lainnya
  12. Jika tidak, tekan “Cancel”. Dengan begitu kartu ATM akan keluar
  13. Simpan kartu ATM dan uang tunai ke tas atau dompet.

Itulah langkah-langkah mengambil uang di ATM. Selain mudah, mengambil uang di ATM ini biasa membutuhkan waktu kurang dari 5 menit. Baca Berapakah Maksimal Tarik Tunai di ATM BRI

Tonton Video Berikut.

Kelebihan dan Kekurangan Transaksi Perbankan Lewat ATM

Saat ini transaksi perbankan tidak hanya bisa dilakukan lewat ATM saja, tetapi juga mobile banking atau internet banking. Tetapi ada kelebihan-kelebihan ATM yang tidak dimiliki oleh layanan transaksi perbankan lainnya.

Kelebihan pertama adalah lewat ATM, nasabah bisa melakukan transaksi tarik tunai. Hal ini jelas tidak bisa dilakukan oleh layanan perbankan seperti internet banking. Baca ATM BCA Gold Bisa Tarik Berapa Juta Ya

Advertisements

Selain tarik tunai, mesin ATM memungkinkan nasabah untuk melakukan setor tunai. Dengan fasilitas tersebut, nasabah tidak perlu repot mengantre di bank untuk melakukan penyetoran uang.

Kelebihan keempat, mesin ATM saat ini tersedia di mana-mana alias mudah ditemui. Selain itu, beberapa transaksi lewat mesin ATM bisa dilakukan tanpa membutuhkan biaya, seperti tarik tunai, mengecek saldo atau transfer dalam bank.

Satu-satunya kekurangan ATM adalah nasabah perlu keluar rumah dan menempuh jarak tertentu untuk melakukan transaksi. Sedangkan jika menggunakan mobile banking atau internet banking, nasabah tidak perlu beranjak kemana-mana karena transaksi dapat dilakukan melalui smartphone atau PC (Personal Computer). Ya, mobilitas memang menjadi keunggulan utama layanan mobile banking dan internet banking.

Dibalik mobilitasnya, mobile banking dan internet banking juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan mobile banking dan internet banking dibanding ATM adalah tidak dapat melakukan tarik tunai dan setor tunai, serta membutuhkan jaringan internet. Selain itu layanan ini juga dikenakan biaya tiap bulannya.

Tips Bertransaksi Aman Menggunakan ATM

Meskipun menyimpan uang di bank tergolong aman, namun nasabah tetap harus berhati-hati saat bertransaksi menggunakan ATM. Sebab berbagai tindak kejahatan dapat menimpa saat bertransaksi. Berikut adalah tips bertransaksi dengan ATM secara aman : Baca Berapa Biaya Tarik Tunai di ATM Bersama

  1. Waspadai kondisi sekitar ATM, jangan sampai aktivitas di dalam ruang ATM dilihat oleh orang lain.
  2. Sebelum melakukan transaksi di ATM, siapkan kartu ATM, serta informasi lain seperti nomor rekening tujuan transfer. Hal ini untuk menghindari kesulitan mencari kartu ATM atau nomor rekening tujuan transfer.
  3. Saat memasukkan PIN, tutup tangan yang digunakan untuk memencet tombol. Jangan sampai gerakan tangan itu dapat dibaca oleh orang lain.
  4. Pastikan tidak ada orang yang melihat jumlah saldo atau transaksi yang lainnya.
  5. Setelah melakukan penarikan tunai, segera amankan uang dan jangan menghitung uang di depan mesin ATM.
  6. Saat menggunakan ATM dengan sistem drive-through, kunci pintu mobil dan tutup jendela segera setelah selesai melakukan transaksi.
  7. Batalkan transaksi ketika merasa sedang diikuti, diawasi atau kecurigaan lainnya.
  8. Jangan meninggalkan ATM bila transaksi yang dilakukan belum selesai.
Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan