Home Pegadaian Pengertian Pegadaian Syariah Wajib Anda Ketahui

Pengertian Pegadaian Syariah Wajib Anda Ketahui

5 min read
0
0
Pengertian Pegadaian Syariah Wajib Anda Ketahui

Pengertian Pegadaian Syariah Wajib Anda Ketahui – Perlu diketahui bahwa semenjak adanya Pegadaian pada sistem perekonomian suatu negara, segala hal yang mencangkup keuangan dalam masyarakat dapat dilaksanakan dengan mudah.

Terutama untuk zaman sekarang ini dimana kebutuhan semakin banyak-banyaknya sedangkan cara memperoleh dana yang semakin sulit pula.

Advertisements

Meskipun sudah banyak sekali instansi yang memiliki layanan pinjaman dana, rupanya mayoritas masyarakat lebih senang mengandalkan Pegadaian terutama bagi masyarakat golongan menengah, bahkan mencangkup hampir seluruh masyarakat. Hal ini karena persyaratannya yang mudah juga proses pencairan dana yang cepat.

Pada umumnya Pegadaian hanya cukup meminta surat-surat tertentu seperti KTP dan KK lalu surat atau barang berharga yang nantinya akan digadaikan. Ini tentu saja merupakan syarat yang ringan, dimana beban dan resiko yang biasa terjadi pada pinjaman uang bisa dihindari.

Pengertian Pegadaian Syariah Wajib Anda Ketahui

Karena jumlah peminatnya yang semakin bertambah akhirnya Pegadaian pun membuat banyak sekali perkembangan, diantaranya dengan menghadirkan Pegadaian Syariah. Memang seperti apa Pegadaian yang menerapkan syariah itu? Berikut akan dijelaskan mengenai pengertian Pegadaian Syariah wajib anda ketahui.Baca Pinjaman Pegadaian Jaminan Sertifikat Rumah

Semakin majunya pola berpikir masyarakat, banyak yang bertanya-tanya mengenai penjaminan kinerja Pegadaian terutama bagi umat muslim. Apakah Pegadaian itu dihalalkan dalam Islam? Hal ini karena ada sebagian pendapat dari para ulama bahwa Pegadaian ini tidak sesuai dengan syariat Islam.

Hal inilah yang menjadi inspirasi bagi Pegadaian untuk bisa membentuk suatu pengelolan Pegadaian dimana sudah disesuaikan dengan prinsip-prinsip yang tertuang dalam Islam.

Advertisements

Pegadaian sendiri berasal dari prinsip Islam dengan istilah Rahn yang berarti tetap atau lama. Jadi secara jelasnya, penahanan barang dalam jangka waktu tertentu, dimana barang tersebut memiliki nilai tinggi sebagai jaminan piutang.

Pengertian Pegadaian Syariah wajib anda ketahui perbedaan mendasar dari Pegadaian Syariah dengan Pegadaian Konvesional adalah terletak pada pembiayaan. Bila Pegadaian Konvensional mengadakan biaya dalam bentuk bunga atas manfaat yang digadaikan.

Dalil mengenai sewa-menyewa sudah tertera pada Al-Qur’an dan Hadist sehingga Pegadaian Syariah ini benar-benar sudah sah dalam ketentuan Islam dan umat muslim tak perlu khawatir lagi bila ingin menggadaikan barang.

Setelah anda mengetahui pengertian Pegadaian Syariah wajib anda ketahui, berikut akan ada informasi seputar produk yang diberikan Pegadaian Syariah :Baca Cara Meminjam Uang di Pegadaian tanpa Jaminan?

Rahn

Produk ini memberikan skim pinjaman dengan syarat menyerahkan agunan berupa perhiasan, emas, berlian, kendaraan bermotor, dan berbagai barang berharga lainnya yang nantinya nasabah wajib membayar biaya sewa yang telah disepakati kedua pihak. Bila tidak menyanggupi, maka barang tsb akan dilelang.

Arrum

Sama seperti Rahn, hanya ini diberikan untuk pengusaha mikro dan UKM dengan jaminan barang bergerak.

Program Amanah

Serupa dengan penjelasan sebelumnya, namun pinjaman ini dperuntukan bagi nasabah yang ingin memiliki kendaraan bermotor.

Program Produk Mulia

Program ini diperuntukkan untuk investasi jangka panjang.

Baca Barang Apa Saja yang Bisa Digadaikan di Pegadaian

Sedangkan Pegadaian Syariah menerapkan Ijarah. Ijarah sendiri merupakan perjanjian akad kredit antara bank dan nasabah untuk menyewa barang dengan menerapkan sistem imbalan jasa hingga barang tersebut dikembalikan kepada kepada pemiliknya.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan