Home Perbankan Update Syarat Kredit Mobil Syariah BNI

Update Syarat Kredit Mobil Syariah BNI

7 min read
0
0
Update Syarat Kredit Mobil Syariah BNI

Bank BNI Syariah menyediakan berbagai jenis pinjaman dengan sistem operasional berbasis syariah. Salah satu jenis pinjaman yang dapat diajukan di BNI Syariah ialah pembiayaan mobil.

Pembiayaan mobil di BNI Syariah disebut dengan BNI Oto iB Hasanah. Pembiayaan mobil di BNI Syariah bisa mencapai nominal Rp 1 milyar. Pinjaman ini dapat dikembalikan sampai waktu 5 tahun.

Advertisements

Apa saja syarat untuk kredit mobil di BNI Syariah?

  1. Pemohon merupakan Warga Negara Indonesia
  2. Berumur minimal 21 tahun dan maksimal berumur 60 tahun ketika pembiayaan telah selesai
  3. Memiliki penghasilan tetap dan telah bekerja selama minimal 2 tahun
  4. Mengisi formulir pembiayaan dengan lengkap dan benar
  5. Melengkapi berbagai dokumen yang diperlukan. Biasanya dokumen yang dibutuhkan adalah KTP, KK, akta nikah atau cerai, surat keterangan penghasilan, SIUP (bagi wiraswasta), atau ijin praktik (bagi profesional).

Itulah persyaratan yang dibutuhkan untuk dapat memperoleh kredit mobil di BNI Syariah. Syarat yang diminta oleh BNI Syariah tergolong mudah. Baca BNI Syariah Pinjaman Modal Usaha Perorangan

Dengan begitu, proses pencairan pinjaman di Bank BNI Syariah cenderung lebih cepat. Di pembiayaan mobil Bank BNI Syariah ini, nasabah harus membayarkan uang muka yang tergolong ringan.

Akad Murabahah pada Kredit Mobil BNI Syariah

Akad pembiayaan yang diterapkan di BNI Syariah ialah akad Murabahah. Akad ini berarti akad jual beli barang yang dibutuhkan oleh nasabah. Pada akad jual beli ini, Bank BNI Syariah mengambil sejumlah margin keuntungan. Margin yang diperoleh bank sifatnya transparan alias diketahui dan disetujui oleh nasabah.

Pembayaran Angsuran Kredit Mobil BNI Syariah

Pembayaran angsuran kredit mobil BNI Syariah dapat dilakukan di Kantor Cabang BNI Syariah dan juga Kantor Cabang BNI konvensional. Untuk mempermudah proses pembayaran angsuran, nasabah dapat menggunakan fasilitas debet rekening per bulannya.

Dengan begitu, nasabah tidak perlu repot-repot meluangkan waktu dan energi untuk mengunjungi bank. Nasabah juga tidak perlu takut lupa membayarkan angsuran atau takut terlambat bayar.

Advertisements

Biaya yang Dikenakan Pada Kredit Mobil Bank BNI Syariah

Saat mencairkan kredit, nasabah pasti dibebani biaya-biaya, contohnya biaya administrasi. Hal ini sudahlah wajar dan pasti terjadi pada setiap kredit. Di BNI Syariah, biaya yang dikenakan pada pinjamannya ialah biaya asuransi jiwa, biaya notaries, biaya materai, dan biaya administrasi. Baca Cara Pinjaman Uang Jaminan Sertifikat Rumah Bank BNI

  1. Biaya asuransi jiwa, merupakan biaya yang dibayarkan oleh nasabah untuk dipergunakan ketika terjadi sebuah musibah ketika kredit sedang berlangsung, Ketika nasabah tidak dapat lagi menunaikan kewajibannya, maka asuransi jiwa ini yang bertindak sebagai manajemen resiko, yakni membayarkan pinjaman dari nasabah.
  2. Biaya notaries, adalah biaya yang dibayarkan kaitannya dengan penggunaan jasa notaries. Jasa notaries ini digunakan pada akad kredit.
  3. Biaya materai, merupakan biaya yang ditanggung oleh nasabah dan dipergunakan untuk membeli materai guna keperluan persuratan.
  4. Biaya administrasi, merupakan biaya yang dikenakan sebagai balas jasa akan proses administrasi yang dilaksanakan untuk memperlancar proses kredit nasabah.

Itulah biaya-biaya pokok yang dikenakan oleh Bank BNI Syariah dalam kredit mobil. Selain biaya tersebut, bank biasanya juga mengenakan biaya keterlambatan pada nasabah ketika membayar angsuran melewati tanggal jatuh tempo.

Biaya yang dikenakan oleh Bank BNI Syariah dalam pinjamannya ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Karenanya, nasabah hendaknya bertanya tentang informasi biaya kredit secara lengkap pada customer service.

Simulasi Kredit Mobil di Bank BNI Syariah

Sebelum menjalankan kredit, alangkah baiknya bagi nasabah untuk mengetahui simulasi kredit. Dengan mengetahui simulasi kredit, nasabah dapat memperoleh gambaran tentang angsuran yang harus dibayarkannya selama suatu periode.

Nasabah juga dapat mengetahui margin yang diambil oleh bank dalam kredit. Dari simulasi ini pula, seseorang bisa tahu apakah kredit yang ditawarkan oleh sebuah bank tergolong menguntungkan atau tidak. Baca Beberapa Jenis Kredit Bank BNI Syariah

Bank BNI Syariah sendiri menyediakan simulasi kredit mobil yang bisa digunakan secara online. Di simulasi kredit online itu, nasabah tinggal memasukkan informasi seperti jenis pembiayaan, jangka waktu yang dikehendaki, serta nilai mobil yang hendak dibiayai.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan